Berita

    Tips Menjaga Keselamatan Berkendara

    Menjaga keselamatan berkendara merupakan tanggung jawab bagi setiap orang. Ketika berperan sebagai pengguna jalan, maka tidak hanya keselamatan diri sindiri yang perlu diperhatikan. Menggunakan jalan yang merupakan fasilitas umum berarti keselamatan milik orang lain sedikit-banyak menjadi tanggung jawab diri kita juga. 

    Berkendara dengan penuh kehati-hatian adalah salah satu langkah yang dapat dilakukan demi menjaga keselamatan seluruh pihak. Terdapat beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya selamat dalam berkendara.

    Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda, sebagai pengemudi aplikasikan demi menjaga keselamatan berkendara selama di perjalanan:

    • Secara rutin memeriksa kendaraan sebelum dipakai 

    Mengetahui kondisi “kesehatan” kendaraan sebelum dipakai berkendara adalah hal yang wajib untuk dilakukan sebelum bepergian. Terdapat beberapa komponen mobil mendasar yang perlu diperiksa secara rutin di antaranya, yaitu kondisi rem, ketebalan ban, serta kecukupan bahan bakar untuk menempuh perjalanan. 

    Pengecekan secara berkala ini memiliki maksud agar supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat sedang melakukan perjalanan. Kondisi kendaraan yang sudah tidak layak jalan, seperti ban yang sudah menipis dapat memicu terjadinya situasi ban pecah atau bisa juga kendaraan tergelincir saat cuaca hujan.

    • Menggunakan sabuk pengaman atau helm

    Menggunakan perlengkapan demi mendukung safety ride atau berkendara secara aman seperti sabuk pengaman dan pelindung kepala atau helm merupakan langkah utama dalam menjaga keselamatan berkendara untuk diri sendiri.

    Penggunaan baik sabuk pengaman maupun helm bukan sekadar berfungsi sebagai sebuah hiasan. Keduanya dapat berfungsi untuk meminimalisir resiko yang mungkin saja terjadi apabila mengalami sebuah kecelakaan.

    • Menaati rambu lalu lintas

    Rambu lalu lintas yang tersebar di jalanan dirancang untuk dipatuhi. Seluruh peraturan lalu lintas dibuat untuk menjaga kelancaraan lalu lintas serta menjaga keselamatan berkendara para pengguna jalan. Apabila melanggar peraturan, pasti terdapat dampak yang ditimbulkan. Selain dikenakan sanksi, pelanggaran lalu lintas dapat juga merugikan orang lain dalam hal keselamatan.

    Apabila seluruh pengguna jalan sama-sama patuh terhadap rambu lalu lintas, maka dapat meminimalisir kemungkinan kecelakaan yang dapat terjadi akibat human error atau kesalahan manusia. 

    • Tidak berfokus pada gawai