Berita

    Featured Image

    Sering Mengemudi Malam Berbahaya bagi Kesehatan? Ini Penjelasannya

    kesehatan seseorang. Sebenarnya, Anda bisa tetap berkendara dengan nyaman selama menerapkan tips mengemudi yang tepat di waktu malam hari. 

    Jika Anda adalah orang yang terbiasa pulang malam dan harus mengemudi, pastikan untuk berhati-hati. Mari cari tahu apa sebenarnya bahaya dari mengemudi di waktu malam dan solusi untuk meminimalisir bahayanya. 

    Tips Mengemudi saat Malam

    Pada dasarnya mengemudi di waktu malam maupun siang hari sama-sama punya risiko. Hanya saja mengemudi pada malam hari dianggap punya risiko lebih besar karena beberapa faktor.

    Saat mengemudi di malam hari, Anda harus mengendalikan mobil di tengah kondisi yang sudah gelap. Selain itu tubuh Anda juga mungkin sudah lelah karena beraktivitas sepanjang hari. 

    Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar mengemudi di malam hari tetap aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan. 

    • Pastikan Tubuh dalam Kondisi Prima

    Tips mengemudi yang pertama, pastikan dulu tubuh Anda dalam kondisi yang benar-benar prima sebelum berkendara. Jangan sampai memaksakan diri berkendara padahal tubuh Anda mengantuk atau mungkin sedang sakit. 

    Setelah beraktivitas sepanjang hari, Anda mungkin merasa lelah sehingga sulit konsentrasi mengemudi. Jadi lebih baik persiapkan diri terlebih dahulu agar bisa mengemudi dalam kondisi tubuh optimal. 

    • Bersihkan Kaca Mobil sebelum Berkendara

    Cobalah untuk membersihkan kaca mobil sebelum mulai berkendara. Tujuannya agar kaca mobil lebih bersih dan mempermudah Anda untuk melihat jalan dengan jelas saat berkendara. 

    • Hindari Distraksi saat Mengemudi

    Tips mengemudi berikutnya adalah hindari distraksi saat berkendara. Ada banyak jenis distraksi yang perlu dihindari seperti handphone, musik yang terlalu kencang, dan lain sebagainya. 

    • Jaga Jarak dan Kecepatan

    Tentunya sangat disarankan bagi Anda untuk berkendara dengan menjaga jarak aman dan kecepatan. Pastikan untuk tidak terlalu dekat dengan mobil di depan maupun di belakang saat berkendara. 

    Selain itu Anda juga harus bisa mengendalikan kecepatan saat mengemudi di waktu malam. 

    Hindari kecepatan yang terlalu tinggi agar Anda lebih mudah mengendalikan mobil dan tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain.