Berita

    Cari Tahu Ciri - Ciri Aki Rekondisi Agar Tak Salah Pilih

    Aki bekas memang jadi pilihan apabila Anda ingin mengganti aki mobil tapi budget terbatas. Namun, Anda harus berhati-hati saat memilihnya. Supaya tidak terjebak dan akhirnya salah memilih aki rekondisi.

    Sebab, tak semua aki bekas berkualitas baik. Ada pula yang nampak baru, namun ternyata sudah dipoles dimana-mana. Lantas, bagaimana ya cara mengetahui perbedaan aki second dan aki bekas rekondisi? Simak artikel ini ya!

    Cara Tahu Perbedaan Aki Rekondisi Agar Tidak Zonk!

    Aki bekas rekondisi adalah sebuah aki yang sudah rusak, namun dibenahi kembali. Beda dengan aki bekas biasa, rekondisi sangat merugikan pengguna. Maka dari itu, penggunaannya tidak dianjurkan karena bisa membahayakan. Ini ciri-ciri aki bekas rekondisi:

            1. Harga Terlalu Murah

    Anda harus mengetahui berapa harga wajar dari sebuah aki bekas. Kalau belum paham, coba tanyalah kepada montir bengkel atau orang yang mengetahui urusan otomotif. Boleh juga Anda mencari di situs terpercaya.

    Kemudian, jadikan itu patokan saat membeli sebuah aki. Meski tidak selamanya tepat, tapi paling tidak, harga aki bekas akan mirip dengan patokan tersebut. Nah, aki dengan perbaikan kondisi ini bakal dijual dengan harga super miring alias murah di bawah pasar. 

    Kemudian membuat Anda sangat tergiur untuk membelinya karena terlalu murah. Hati-hati sebab biasanya inilah aki yang sudah dipoles sana-sini atau mengalami rekondisi.

            2. Fisik Aki Banyak Berubah

    Ciri berikutnya adalah tampilan fisik aki yang cukup banyak perubahan. Terlihat sangat buruk seperti aki bekas yang cukup lama terpakai, atau bahkan terlihat baru. 

    Seperti:

    • Terlalu banyak lecet pada aki dalam kondisi tidak wajar;
    • Warna aki mulai pudar, terlihat karena pemakaian sudah lama;
    • Pada bagian kutub, terdapat goresan;
    • Badan aki menggelembung seperti baterai handphone yang sudah lama terpakai;
    • Nomor seri tak terlihat atau samar;
    • Antara badan dan tutup sudah tidak rapat
    • Kondisi fisik terlihat seperti polesan dengan warna tidak alami.

            3. Dijual Bebas di Pasar

    Biasanya, aki rekondisi ini beredar luas di toko-toko kecil atau pasar loak. Bahkan, Anda bisa menemukan pada lapak kecil pinggir jalan.

    Tentu saja tempat ini bukan rahasia lagi untuk bertransaksi aki. Terutama jual beli aki bekas.

    Makanya, kalau Anda terpaksa harus membeli di lapak tersebut, sebaiknya pahami ciri-cirinya. Atau jika Anda kurang paham, hindari beli di lapak yang masih belum jelas.