Berita

    Fungsi & Cara Memperbaiki Electric Power Steering.

    Electric Power Steering (EPS) adalah sistem penggerak kemudi pada mobil modern yang menggunakan motor listrik untuk meringankan kinerja lingkar kemudi. Sehingga, pengemudi akan merasa lebih enteng saat sedang menyetir.

    Dibanding sistem hidrolik konvensional, sistem EPS lebih efisien dan mudah dikontrol, karena menggunakan motor listrik. Jadi, ketahui apa saja fungsi, komponen, hingga cara memperbaiki kerusakan pada komponen EPS.

    Berikut Komponen dan Fungsi Electric Power Steering (EPS)

    Sesuai penjelasan di atas, fungsi sistem EPS secara umum adalah untuk membantu pengemudi dalam mengontrol kemudi. Motor listrik pada sistem ini membantu memutar roda kemudi, sehingga memudahkan pengemudi saat melakukan manuver.

    Selain itu, EPS dapat membantu mengurangi beban pada sistem suspensi mobil, sehingga dapat mengurangi keausan pada komponen yang terkait. Adapun jenis-jenis komponen EPS beserta fungsi lebih rincinya adalah sebagai berikut:

    • Modul Sensor EPS

    Modul sensor adalah komponen yang berfungsi untuk mengumpulkan data dan informasi dari sensor-sensor pada sistem EPS. Modul ini kemudian akan meneruskan data/informasi tersebut ke kontrol elektronik lalu mengirimkan sinyal ke motor EPS.

    • Motor EPS

    Selanjutnya ada motor EPS, yaitu komponen yang berfungsi untuk memberikan bantuan daya pada pengemudi dalam menggerakkan kemudi. Motor ini bekerja dengan mengubah arus listrik menjadi energi mekanik untuk memutar roda kemudi.

    • Rack Steer

    Rack steer pada EPS adalah bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara motor EPS dengan roda kemudi. Komponen ini biasanya terdiri dari gigi rack dan pinion gear yang berputar pada saat kemudi diputar.

    • Cross Joint

    Terakhir, ada cross joint yang berfungsi untuk menghubungkan shaft kemudi dengan rack steer. Cross joint ini biasanya terbuat dari bahan logam dan memiliki sifat yang fleksibel sehingga dapat menyesuaikan dengan pergerakan kemudi.

    Cara Memperbaiki Kerusakan pada Electric Power Steering

    Setelah mengetahui apa saja fungsi Electric Power Steering, ketahui pula bagaimana cara memperbaiki kerusakan pada komponen ini. Berikut adalah panduan cara perbaikan yang bisa Anda terapkan:

    • Lakukan Penggantian Sikat Steering

    Sikat steering adalah komponen penting pada motor EPS yang berfungsi sebagai penghubung antara motor dengan sumber daya listrik. Jika komponen ini rusak atau, maka daya listrik motor akan berkurang sehingga kinerja EPS menjadi tidak optimal.