Berita

    Ketahui Penyebab Knalpot Keluar Asap Hitam dan Cara Mengatasinya

    Asap knalpot mobil hitam dapat menjadi salah satu permasalahan yang serius. Tak jarang banyak pengendara yang jadi dilanda kekhawatiran begitu menjumpai hal ini terjadi pada mobilnya. Selain itu. Asap yang hitam juga akan mengganggu pandangan pengemudi lainnya. 

    Jika sudah begini sebaiknya Anda tak mengabaikannya, namun pasti Anda juga bertanya-tanya. Hal apa yang kiranya menjadi pemicu asap menghitam pada knalpot. Di sini akan dibahas penyebab dan cara mengatasinya.

    Inilah Penyebab Asap Knalpot Mobil Hitam

    Munculnya asap yang menghitam pada knalpot kendaraan didasari oleh kondisi dimana ada proses pembakaran yang tak berjalan semestinya. Akibatnya, knalpot mengeluarkan asap yang hitam pekat dan didukung pula dengan bau gosong. 

    Padahal dalam kasus normal, asap yang keluar dari knalpot harusnya berwarna putih atau transparan. Semakin pekat hitam maka menandakan makin banyaknya gas beracun yang terkandung pada asp tersebut. Kenalilah penyebab-penyebabnya!

    • Campuran Bahan Bakar Tak Sempurna

    Di kendaraan Anda, ada komponen mesin pembakaran yang menunjukkan perbandingan Air Fuel Mixture atau AFM. Untuk perbandingannya sendiri pada umumnya ada di angka 14:1, artinya molekul udara haruslah berbanding satu dengan molekul bahan bakar minyak. Jadi, apabila rasio berubah menjadi 16:1 maka itu tergolong campuran ramping dan masih aman. 

    Namun ketika angka rasionya menjadi 12:1 atau di bawahnya, pertanda bahwa pencampuran bahan bakar tidak sempurna dan boros. Bahan bakar tak tercampur dengan sempurna bersama molekul udara. Akibatnya ketika busi kendaraan memunculkan percikan, dapat memicu kebakaran yang menjalar bertahap. Itulah mengapa, asap kendaraan jadi menggelap.

    • Rusaknya Sistem Injeksi 

    Pada mesin penggerak mobil menggunakan komponen injector untuk melakukan proses injeksi sejumlah bensin ke intake manifold. Namun, pencampuran bensin dan molekul udara bercampur di intake sebelum memasuki ruang bakar. 

    Sehingga membuat sensor pembaca tak berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya terjadi pencampuran bensin yang juga berlebihan dan menimbulkan asap knalpot mobil hitam.

    • Filter yang Tersumbat Kotoran

    Terdapat filter oksigen pada mobil, jika filternya kotor maka akan tersumbat dan oksigen akan kesulitan untuk masuk. Akibatnya bisa memperpendek usia busi dan membuat mobil tersendat dan mengalami masalah knalpot berasap hitam pekat. Filter udara harus secara rutin dicek dan dibersihkan.

    Cara Mengatasi Masalah Asap Knalpot yang Hitam