Berita

    Tips! Cara Mengecek dan Mengganti Oli Mobil dengan Benar

    Oli merupakan komponen penting pada mobil yang memiliki peran sebagai pelumas untuk mesin mobil. Karena memiliki masa pakai, maka Anda perlu mengganti oli mobil jika sudah saatnya diganti.

    Biasanya, penggantian oli dilakukan di bengkel oleh teknisi ahli. Namun, sebenarnya cara untuk melakukan penggantian oli juga bisa dipelajari dan dilakukan sendiri.

    Cara Mengganti Oli Mobil

    Sebelum melakukan penggantian oli, maka Anda perlu menyiapkan oli baru yang akan digunakan serta siapkan juga wadah untuk meletakkan oli yang lama.

    Jika sudah siap, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengganti oli pada mobil:

    • Buanglah Oli yang Lama

    Sebelum memasukkan oli yang baru, tentunya Anda perlu membuang oli lama terlebih dahulu. Anda bisa mengeluarkannya dengan cara memposisikan kap depan supaya lebih tinggi, pakailah dongkrak untuk membantu.

    Selain itu, pastikan Anda telah memasang rem tangan, dengan begitu prosesnya akan lebih aman.

    Selanjutnya, siapkan berbagai alat yang dibutuhkan, misalnya wadah untuk menampung oli tersebut, senter, serta kunci pas. Bukalah penutup oli untuk mempermudah udara masuk serta supaya oli bekas bisa dikeluarkan.

    Letakkan wadah penampung di bawah bak oli mobil Anda, lalu bukalah baut yang menjadi penutup oli. Setelah baut tersebut sudah dibuka, maka oli bekas tersebut akan mengalir keluar.

    Anda perlu menunggu hingga semua oli bekas sudah mengalir keluar dan bak oli sudah kosong.

    • Buka Saringan Oli

    Ketika menunggu hingga oli bekas mengalir keluar semuanya, Anda bisa membongkar bagian saringan atau filter oli. Biasanya, saringan ini terletak di bagian samping, depan, atau belakang dari blok mesin mobil.

    Bentuknya silinder dan mirip dengan kaleng susu, dengan panjang sekitar 10 hingga 15 centimeter dan lebar 8 centimeter. Anda memerlukan kunci pas untuk bisa membuka saringan ini.

    Untuk mengganti saringan, maka Anda perlu memutar kunci pas dengan arah yang berlawanan jarum jam. Setelah itu, pasang dengan saringan yang baru. Anda bisa melumasi saringan baru dengan sedikit oli terlebih dahulu sebelum dipasang.

    Pastikan saringan yang baru ini telah dipasang dengan kencang, sehingga tidak terjadi kebocoran oli.

    • Tutuplah Baut Oli

    Selanjutnya, kembali pada oli bekas yang tadi dikuras. Setelah semua terkuras habis, maka Anda bisa menutup kembali baut penguras tersebut.

    • Masukkan Oli yang Baru